Baper - Bacaan Perempuan

66 Ingkung Ayam “Disuwir-suwir” di Sendang Beji Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Sebanyak 66 ekor ingkung ayam kampung dibagikan ke warga saat acara bersih Sendang Beji, Senin (1/5/2017) pagi.

Sedekah ingkung ayam dan nasi uduk itu diikuti ratusan orang dari Dusun Kulwo dan Gunungsari di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

Acara tahunan bersih Sendang Beji yang terletak di Dusun Kulwo ini merupakan tradisi turun temurun sejak ratusan tahun lalu.

Sendang Beji merupakan mata air atau umbul yg tidak pernah surut airnya, sekalipun di musim kemarau ekstrem.

(BACA: Air Terjun Gedad, Destinasi Wisata Alam Terbaru di Gunungkidul)

Air dari sendang ini telah menghidupi warga selama bergenerasi. Selain untuk sumberbair minum, air dari sendang ini juga mengairi kebun dan persawahan sekitar.

Bersih Sendang Beji yang acaranya terdiri doa-doa dan pembagian ingkung ayan, nasi gurih (uduk), buah-buahan hasil bumi dan pertanian intinya merupakan pengungkapan syukur.

TRIBUN JOGJA/SETYA KRISNA SUMARGO Sebanyak 66 ekor ingkung ayam kampung dibagikan ke warga saat acara bersih Sendang Beji yang diikuti ratusan orang dari Dusun Kulwo dan Gunungsari di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Senin (1/5/2017).

Kepala Dusun Kulwo, Sudarahino, menjelaskan, acara bersih sendang ini mampu merekatkan hubungan sosial masyarakat desa tanpa membeda-bedakan status dan golongannya.

Setidaknya hubungan guyup antarwarga itu ditunjukkan dengan tata cara pembagian ingkung dan nasi gurih yang tak ubahnya kenduri besar.

Setiap warga duduk berjajar, meletakkan lembar-lembar daun jati atau daun pisang di depan tempat ia duduk di tanah.

(BACA: Ini Goa Gelatik Lorong Sewu, Goa Tujuh Susun di Gunungkidul)

Selanjutnya setiap warga tertib menunggu pembagian suwiran ingkung dan nasi uduk. Ada yg kemudian langsung disantap, ada yang dibawa pulang.

Suasana kegembiraan terpancar dari wajah-wajah setiap warga yang hadir dan mengikuti prosesi “kenduri” sederhana di lingkungan umbul yang sangat teduh.

Tidak ada yang berebut makanan, semua patuh dan tertib menunggu pembagian suwiran ingkung yang diberikan oleh para petugas yang ditunjuk.

TRIBUN JOGJA/SETYA KRISNA SUMARGO Sebanyak 66 ekor ingkung ayam kampung dibagikan ke warga saat acara bersih Sendang Beji yang diikuti ratusan orang dari Dusun Kulwo dan Gunungsari di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Senin (1/5/2017).

Sendang Beji terletak tak jauh dari obyek wisata Goa Pindul dan Goa Tanding di Desa Bejiharjo. Bahkan air yang mengalir di lorong Goa Pindul juga berasal dari mata air ini.

Pengembangan pariwisata desa di wilayah ini menempatkan Sendang Beji di salah satu jalur penting menuju obyek wisata Goa Tanding dan situs purbakala Sokoliman.

Sebagai salah satu aset warga Dusun Kulwo dan Dusun Gunungsari, Sendang Beji yang sudah memiliki kolam besar, memiliki potensi besar dikembangkan menjadi kawasan rekreasi air. (Tribunjogja.com)

Sumber: travel.kompas..com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.