Baper - Bacaan Perempuan

Ampas Teh Ternyata Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

Baik disajikan secara dingin maupun hangat, teh merupakan minuman kaya anti-oksidan yang cukup digemari berbagai kalangan. Menurut beberapa penelitian, rutin meminum secangkir teh bahkan dapat menurunkan kadar stres, meningkatkan metabolisme tubuh, serta mengurangi risiko kanker. Tak hanya itu saja, ampas dari teh ternyata juga mengandung berbagai khasiat, lho. Salah satunya untuk merawat kecantikan kulit. Hmm, kira-kira apa saja ya manfaat ampas teh untuk kecantikan? Simak info lengkapnya di sini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Khawatir akan masalah penuaan dini pada kulit? Tenang saja! kamu bisa memanfaatkan ampas teh untuk membuat kulit lebih kencang. Caranya cukup mudah, kok. Baurkan ampas teh secara merata pada wajah dalam kondisi bersih, kemudian diamkan hingga mengering. Setelah itu, basuh dan bersihkanlah ampas teh yang menempel pada wajah dengan air suam-suam kuku hingga bersih. Seperti yang telah diketahui banyak orang, teh memang tinggi akan anti-oksidan. Selain dapat membantu memperbaiki jaringan dan elastisitas kulit, bahan alami ini juga baik untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, age spot dan juga kerutan.

Baca juga: Temukan Manfaat Green Tea untuk Wajah Awet Muda Dalam Produk Kecantikan Berikut

2. Menyamarkan Kantung Mata

Kantung mata dapat diatasi dengan bekas ampas teh / Copyright Shutterstock

Terlalu lama menatap layar laptop atau sering bekerja hingga larut juga menjadi salah satu penyebab timbulnya kantung mata yang hitam dan membesar. Selain mengatasinya dengan eye cream, kamu bisa juga memanfaatkan ampas teh untuk mengurangi masalah tersebut. Teh memiliki sifat anti-iritasi dan anti-oksidan tinggi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sekitar mata. Kompres kedua bagian mata kamu dengan ampas teh atau kantung bekas teh yang telah dicelupkan ke dalam air es untuk mendapatkan efek dingin yang menyejukkan. Biarkan sampai kamu merasa rileks, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Rutin melakukan hal ini minimal seminggu tiga kali, rupanya juga bisa mengurangi mata lelah serta membantu mengembalikan rona cerah alami pada kulit di area mata.

Baca juga : Menyamarkan Kantung Mata Dengan Lipstik? Apakah Berhasil?

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Ampas teh pun dapat mengatasi jerawat yang membandel /Copyright Shutterstock

Berbagai produk skin care sudah kamu coba untuk mengatasi jerawat, namun hasilnya tetap nihil? Mungkin kamu perlu mencoba ampas teh. Cara pengaplikasiannya pun cukup simpel. kamu hanya perlu mencampurkan ampas teh dengan air hingga teksturnya mengental. Oleskan pada kulit wajah yang berjerawat, kemudian diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan langkah ini setiap hari hingga masalah jerawat kamu mereda. Senyawa katekin di dalam teh bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Selain tentunya lebih ekonomis, menggunakan teh untuk perawatan kecantikan juga lebih efisien dan aman karena merupakan bahan alami yang minim akan efek samping.

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Jerawat

4. Mengontrol Produksi Kelenjar Minyak

Kulit wajah kamu super berminyak? Tak perlu khawatir. Selain mengurangi jerawat, ampas teh juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi kilap di wajah, lho. Bahan alami ini memiliki kandungan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan kadar gula yang juga memengaruhi produksi kelenjar sebum yang menyebabkan kadar minyak berlebih. Cara mengaplikasikannya cukup simpel, bahkan tak berbeda jauh dengan langkah di atas.

Baca juga: Pemilik Kulit Berminyak, Ayo Hindari Beberapa Bahan ini Agar Kulit Tidak Bermasalah!

5. Membantu Pengelupasan Kulit

Ampas teh memiliki tekstur cenderung kasar sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati. Selain mampu mengangkat berbagai kotoran, debu dan polusi, kandungan di dalam teh juga dikenal baik untuk menenangkan, menghaluskan dan mencerahkan rona kulit. Kalau ingin mencobanya, coba baurkan ampas teh pada seluruh permukaan wajah. Kemudian, pijat lembut area wajah dengan gerakan memutar dengan tekanan pelan. Diamkan selama 5 – 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Dalam sepekan, kamu hanya perlu melakukan cara ini satu atau dua kali saja untuk menghindari menipisnya lapisan kulit akibat terlalu sering dieksfoliasi. Untuk menghindari masalah kulit, sebaiknya kamu tidak menggunakan ampas teh yang sebelumnya telah diberi macam-macam campuran, misalnya gula, susu, atau bahan lainnya.

 

Sumber : vemale.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.