Baper - Bacaan Perempuan

Aneka Hidangan Berbahan Yoghurt, Bisa untuk Sahur dan Buka Puasa

BANDUNG, KOMPAS.com – Yoghurt tak melulu identik sebagai minuman kaya probiotik yang bercita rasa asam. Berbagai hidangan menarik untuk sahur dan berbuka puasa juga bisa dibuat menggunakan fermentasi susu tersebut.

Selain menjadi bahan minuman menyehatkan, susu yang mengandung bakteri baik tersebut juga lazim diolah sebagai masakan. Seperti yang dilakukan di India. Berbagai kulinernya menggunakan olahan susu fermentasi. Misal kari ayam, ayam tandoori, atau nasi biryani. Yoghurt digunakan baik sebagai campuran bumbu maupun sebagai saus.

Kegunaan yoghurt dalam bahan masakan juga memiliki manfaat tersendiri. Yoghurt merupakan bahan pengental santan yang lebih sehat. Lalu kandungan laktosa pada yogurt mampu meredakan rasa pedas yang dihasilkan dari rempah. Yogurt yang dibuat dari susu full cream akan memberikan asupan protein, kalsium, dan lemak.

Karena manfaatnya bagi kesehatan tersebut, Anda bisa mengaplikasikannya juga untuk hidangan santap sahur dan berbuka. Antara lain sebagai salad dressing atau saus pengganti mayonaise, Chicken Nacos yang pas untuk sahur, dan Panna Cotta yang cocok sebagai takjil untuk berbuka puasa.

“Sebenarnya mengaplikasikan yoghurt dalam masakan itu sederhana saja. Seringnya kan jadi dressing salad, atau pengganti mayonaise. Bisa juga buat ayam-ayam bumbu yang kita balur dulu di yoghurt,” ujar Martin Natadipraja, Food Consultant di Yoforia saat pembukaan Yoforia Popup Store Paris Van Java Bandung, Rabu (17/5/2017).

CNN/CHRIS DWYER Biryani Hyderabad (Hyderabadi Biryani) terdiri dari nasi basmati yang disajikab ersama ayam, yoghurt, lemon, bumbu masala, serta bawang goreng.

Untuk menu sahur sendiri ia merekomendasikan Chicken Nacos dengan salad dressing berbahan yoghurt. Chicken Nacos sendiri dibuat dengan cara membalur ayam dengan yoghurt yang sudah dicampur bumbu rempah seperti bawang dan cabai. Ungkep sebentar agar bumbunya meresap.

Setelah dibalur, barulah ayam dilumuri tepung dan digoreng. Ayam sendiri, menurut Martin, bisa diganti dengan daging atau bahan apapun sesuai selera.

Martin merekomendasikan Panna Cotta sebagai hidangan takjil saat berbuka puasa. Yoghurt digunakan sebagai pengganti susu dalam adonan puding tersebut. Dalam racikan Yoforia, Panna Cotta menggunakan dressing karamel dan kacang almond.

Sebagai catatan, yoghurt yang digunakan sebagai campuran masakan tersebut lebih baik yang tidak berasa atau plain agar tidak merusak rasa dari masakan yang dibuat. Sedangkan untuk menyiasati agar yoghurt tidak pecah ketika dimasak dengan pudding, gunakanlah api kecil atau sedang.

“Kalau mau coba juga, ganti aja santan dengan yoghurt plain, seperti makanan-makanan India. Itu bisa jadi alternatif mudah,” tutup Martin.

Sumber: travel.kompas..com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.