Baper - Bacaan Perempuan

Apa yang Terjadi Kala Anda Berlaku Kasar pada Pramusaji di Restoran?

KOMPAS.com – Otak manusia terprogram untuk menilai atau “menghakimi” perilaku orang lain terhadap sesamanya.

Mekanisme otak tersebut berfungsi untuk pertahanan diri manusia dalam beradapatasi di lingkungan sekitar.

Anda tak bisa memungkiri bahwa kadang kala sulit untuk bertemu dengan orang baru tanpa otak ikut mengevaluasi dan menerjemahkan karakter orang lain lewat perilaku yang terlihat oleh mata Anda.

Studi di University of Kansas bahkan menyimpulkan bahwa manusia sangat cepat dan cerdas dalam menilai orang lain lewat perilaku terhadap hal-hal kecil.

Travis Bradberry, penulis buku Emotional Intelligence 2.0, menjelaskan, jika Anda ingin menciptakan kesan baik pada lawan bicara Anda, maka perlakukan orang-orang di sekitar Anda dengan baik.

Namun, apabila pada dasarnya Anda memiliki karakter kasar dan tidak sopan, maka hal itu pun akan terlihat lewat gerak tubuh dan ekspresi yang dipaksakan saat berbuat kebaikan.

Bradberry mengungkapkan salah satu cara menilai karakter orang lain termudah adalah melihat bagaimana dia memperlakukan pramusaji di restoran.

Perilaku seseorang terhadap seseorang yang berada di level dasar sebuah kerangka manajemen, kata Bradberry, menjadi obyek penilaian umum terhadap kualitas diri orang tersebut.

Menurut dia, kebanyakan orang menjadi lebih sopan dan bertutur lembut pada orang lain ketika mereka membutuhkan orang tersebut.

Makan siang formal atau lunch business bisa menjadi tidak nyaman karena Anda harus tahu bahwa setiap orang yang berada satu meja dengan Anda saling menilai karakter masing-masing.

Caranya, lewat bagaimana mereka berkomunikasi dan memperlakukan pramusaji yang melayani jamuan tersebut.

Jadi, pastikanlah untuk terbiasa berbuat baik pada orang lain meskipun tidak ada orang yang menilai atau memerhatikan Anda. Sebab, percayalah kebaikan tidak akan berbalik merugikan Anda.

Sumber: Lifestyle Kompas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.