Baper - Bacaan Perempuan

Ini Dia Cara Adaptasi di Sekolah dan Kampus Baru

Entering a new school can be both exciting and frightening at the same time. No need to worry, girls. Baca yuk simple guide dari BAPER! berikut biar bisa enjoy pas masuk tempat baru nanti!

 

HIGH SCHOOL

 

ADAPTING-QUICKLY

 

MAKE NEW FRIENDS

Pas masuk SMP atau SMA, kadang kita udah kenal sebelumnya sama beberapa temen. Tapi gimana kalo belum? Atau kita pindah kota and know no one?

  1. Manfaatin MOS (Masa Orientasi Siswa) buat kenalan sama temen sebanyak-banyaknya. Be nice to everyone dan jangan ragu buat ngajak ngobrol duluan.
  2. Gabung ekskul sesuai dengan minat kita. Dari sini kita bisa ketemu banyak temen baru. Karena ada persamaan minat, mustinya sih lebih gampang buat cari bahan obrolan.

 

DEAL WITH CRANKY SENIORS

Di sekolah mana pun, selalu aja ada deretan kakak kelas yang jutek dan rese, makanya:

  1. Jangan bikin mereka punya alasan buat nge-bully kita. Bersikap biasa aja, jangan dandan berlebihan. Always with friends, karena yang jadi sasaran mereka biasanya sih junior yang keliatan lemah.
  2. Kalo mereka cuma sebatas cuek dan nggak ramah, ya biarin aja. Tapi kalo mereka udah sampe nge­-bully kayak mukul atau malakin, coba ceritain masalah ini ke orang tua atau guru buat dicari jalan keluarnya ya.

 

CAN’T FIND A SEAT IN CANTEEN

Pas jam istirahat, tempat duduk di kantin sering penuh. Kalo kita emang nggak boleh duduk di sana karena dikuasai senior, kita sebagai murid baru cuma bisa ngalah. Nanti kalo udah jadi senior juga kita bisa makan di sana.

  1. Cari alternatif tempat makan lain bareng temen-temen. Mungkin di sebelah sekolah ada warung makan, atau bisa juga tetep jajan di kantin tapi makannya di spot lain. Taman atau bangku pinggir lapangan mungkin?
  2. Janjian sama temen bawa bekal dari rumah, nanti pas istirahat bisa dimakan rame-rame di sekitar kelas.

 

MORE DIFFICULT SUBJECTS

Pelajaran di SMP selalu lebih susah dibanding pas SD, begitu juga materi di SMA yang lebih rumit dibanding pas SMP.

  1. Buat lebih memahami materi, enaknya sih lebih konsentrasi pas dengerin guru di kelas dan ulangin lagi di rumah pas malemnya. Kalo bosen baca materi, kerjain aja latihan soal-soal.
  2. Masih susah paham sama pelajaran tadi? Pas istirahat, kita bisa kok nyamperin guru di ruangannya buat konsultasi, ikut bimbingan belajar, atau les privat yang terpercaya.

 

COLLEGE

 

ADAPTING-QUICKLY

 

WHAT TO WEAR

Baju bebas ke kampus. Seneng sih, tapi takut saltum!

  1. Nanya ke kakak, kenalan, atau temen kos yang kuliah di kampus yang sama.
  2. Walaupun katanya jurusan kita itu bebas banget soal pakaian, tetap pilih kostum yang ‘aman’ aja ya buat hari pertama. Sopan dan rapi, misalnya blouse atau kemeja dan jeans.

 

NEW LEARNING SYSTEM

Banyak hal baru yang kita kenal saat kuliah, termasuk istilah-istilah kayak SKS, IP, IPK, dan KRS. Sistem belajarnya juga lebih student-centered dibanding pas sekolah.

  1. Baca buku panduan pendidikan S1 yang biasa dikasih buat mahasiswa baru. Kalo masih bingung, konsultasi sama dosen wali kita atau ke senior kampus yang kita kenal.
  2. Rajin hunting materi tambahan di luar materi yang dikasih dosen biar lebih paham pas di kelas.

 

WAIT FOR HOURS FOR CLASS

Jadwal kuliah nggak sama kayak jadwal sekolah. Bisa aja kita ada kelas pagi, siangnya nganggur, terus sorenya ada kelas lagi.

  1. Paling enak bawa laptop terus nunggu sambil wifi-an di kampus.
  2. Bosen? Main ke kos atau rumah temen yang deket kampus. Atau, nongkrong aja sama temen-temen di student centresambil kenalan sama organisasi kampus di sana.

 

MOVING CLASS

Beberapa sekolah emang udah pake sistem moving class. Beda pelajaran, beda kelas. Walaupun udah biasa, bisa bikin kita bingung pas kita masih asing sama kampus baru kita.

  1. Biasanya sih mahasiswa baru dikasih peta ruang kuliah. Nggak usah malu bawa peta itu sampe hafal bener denah kampus.
  2. Mending dateng kuliah lebih awal, daripada kita panik nyari ruang terus akhirnya salah kelas.

 

WORK

 

ADAPTING-QUICKLY

 

WHAT TO WEAR

Ada beberapa perusahaan yang kasih seragam buat pegawainya, tapi ada juga yang nggak. Awas saltum!

  1. Inget-inget, gimana pakaian karyawan kantor itu waktu dulu kita dateng buat proses interview.
  2. Kalo masih kurang yakin, tanya langsung ke HRD tentang peraturan berpakaian di perusahaan itu.

 

SENIORITY PROBLEM

Kentalnya senioritas di tiap perusahaan emang beda-beda. Walaupun kantor kita nggak terlalu tinggi tingkat senioritasnya, tapi tetep aja dealing with seniors could always be a challenge.

  1. Being a new kid on the block mesti bisa nempatin diri di antara senior. Nggak gampang emosi dan sopan ke semua orang bakal bikin kita lebih dihargai.
  2. Hargai mereka sebagai senior kita, caranya bisa tanya-tanya tentang pengalaman dan pendapatnya, tunjukkin minat pas mereka cerita. Dengan gini kita bisa tambah pengetahuan baru juga.

 

LUNCH TIME

Makan siang di hari pertama suka bikin bingung karena kita masih belum tau kebiasaan sama tempatnya.

  1. Buat hari pertama, kita bisa bawa bekal sendiri. Cuma buat jaga-jaga aja kalo nggak ada yang ngajak kita makan bareng, atau mungkin lagi pada keluar kantor.
  2. Kalo udah tau kebiasaan di kantor, usahain buat makan siang bareng temen-temen kantor dulu biar lebih akrab sama semuanya ya.

 

COPE WITH A HORRIBLE BOSS

Nggak semua pimpinan itu galak lho. Tapi kalo kebetulan kita punya atasan yang nyeremin, let’s try there tips.

  1. Biar bos nggak marah, lakuin semua pekerjaan dengan maksimal. Tunjukkin sikap aktif dan penuh inisiatif buat nambah nilai plus kita.
  2. Udah bener ngerjainnya tapi masih kena omelan? Nggah usah terlalu diambil hati. Mungkin emang udah sifatnya gitu. Tetep bersikap tenang dan lakuin yang lebih baik lagi. Bisa aja bos begitu karena pengen kita lebih maksimal lagi kerjanya kan.

 

BUSY DAYS

Begitu kerja, waktu luang kita nggak sebanyak pas masih kuliah dulu. Tiap hari berangkat pagi pulang malem, sampe rumah udah capek mau ngapa-ngapain. Begitu terus sampe nggak kerasa udah Senin lagi, terus tiba-tiba udah weekend lagi.

  1. Sebisa mungkin jangan bawa pulang kerjaan. Gunain waktu di rumah buat bener-bener istirahat biar kita nggak stress dan besoknya siap kembali kerja dengan lebih segar.
  2. Biar nggak bete selama kerja, we need to be in love with our job, and our job everyday will definitely feel like a holiday. Good luck Sahabat BAPER!

 

Sumber : gogirlmagz.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.