Baper - Bacaan Perempuan

Ini Siasat Mengemas Durian dan Oleh-oleh dengan Aroma Menyengat

MAKANAN dan aroma adalah dua hal yang jelas tidak bisa dipisahkan. Sebuah aroma akan menentukan selera makan seseorang.

Namun bagaimana jika makanan memiliki aroma yang sangat menyengat? Ada beberapa makanan dengan aroma menyengat yang kerap dijadikan oleh-oleh. Berikut ini siasat mengolah dan menyimpan lima makanan yang kerap dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke daerah penghasil makanan tersebut.

1. Durian

Pada beberapa orang, mencium aroma durian yang tajam dan menyengat akan membuat pusing, bahkan sampai merasa mual dan muntah.

Bagi mereka yang tak suka, aroma durian dianggap sangat mengganggu. Bahkan di beberapa negara, terdapat peraturan larangan membawa durian di tempat-tempat umum dan di pesawat.

(BACA: Catat, Panduan Lengkap Soal Durian)

Agar aromanya tidak mengganggu, simpan durian dalam wadah yang memiliki tutup, kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara yang lebih besar, taburi dengan biji kopi.

Di beberapa pusat durian seperti di Medan, pedagang sudah ahli dalam mengemas durian agar aromanya tidak berbau. Jangan lupa saat dibawa dengan pesawat, jangan ditaruh dalam kabin, melainkan masukan dalam bagasi check-in.

2. Terasi

Bagi Anda yang suka memasak, bumbu dapur satu ini pasti tak asing lagi. Dengan menambahkan terasi akan membuat masakan lebih segar dan beraroma.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang merupakan penghasil terasi berkualitas. Contohnya terasi dari Bangka yang kerap dijadikan oleh-oleh. Oleh-oleh semacam ini cocok diberikan ke kerabat yang doyan memasak.

Namun, ak semua orang akan tahan dengan baunya. Aroma yang menyengat dan membuat gatal hidung biasanya akan membuat orang yang menciumnya bersin-bersin.

Bungkus terasi dengan pembungkus plastik, kemudian simpan dalam wadah kedap udara. Letakkan di tempat yang kering, agar terasi tetap berkualitas.

3. Keju Epoisses

Ada banyak jenis keju. Sebagian besar keju memiliki aroma tidak karuan dan busuk. Salah satu keju yang berbau tidak enak adalah keju Epoisses de Bourgogne. Baunya sangat tidak wajar dan bisa membuat orang lain mual, pusing dan mabuk.

Keju ini sebenarnya sangat mewah karena punya julukan “Raja Dari Semua Keju”. Rasanya juga enak. Sayangnya, aroma keju ini sungguh merusak selera makan bagi sebagian orang. Bahkan keju ini dilarang dibawa melalui transportasi umum di Prancis.

Lapisi keju Epoisses dengan plastic wrap dan alumunium foil hingga benar-benar rapat. Lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara, dengan cara ini aroma keju tidak akan mengganggu.

Dok. SamWon Shop Sawi Kimchi

4. Kimchi

Kimchi adalah sayuran yang difermentasi menggunakan bumbu khas Korea. Rasanya asam dan sedikit pedas. Karena difermentasi dalam waktu lama, sehingga aroma kimchi menjadi kurang sedap. Simpan kimchi dalam wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas.

5. Natto

Kedelai putih yang difermentasikan khas Jepang hingga memiliki tekstur lengket dan liat. Biasanya natto dimakan dalam jumlah sedikit bersama nasi putih dan makanan lain.

Terdengar memang menyehatkan, namun natto memiliki aroma menyengat. Simpan natto dalam wadah kedap udara, dan masukkan ke dalam freezer. Saat akan disantap, diamkan hingga suhu kembali normal. (Ade Ryani HMK/Nova.grid.id)

Sumber: travel.kompas..com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.