Baper - Bacaan Perempuan

Ini Tips Parkir di Ancol Saat Libur Panjang Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap libur panjang termasuk saat libur lebaran, Ancol Taman Impian termasuk destinasi di dalamnya sseperti Dufan, Seaworld, Atlantis dan yang lainnya, selalu dibanjiri wisatawan. Akibatnya kepadatan pengunjung tak terhindari.

Mulai tahun 2017, pihak Ancol Taman Impian menambah berbagai fasilitas dan sistem untuk mengakomodir semua wisatawan, tanpa terkendala macet dan sesak. Fasilitas yang ditambah antara lain kantung parkir baru, membuat sistem baru parkir sentra, dan memperkaya transportasi masal di dalamnya (iner transportation).

“Berdasarkan pengalaman lima tahun pemberlakuan sistem parkir sentral, tahun ini akan benar-benar disiplin, semua kendaraan steril, parkir akan memadai jika tertib, dan tentunya fasilitas trasportasi masal di dalam juga ditambah banyak,” ujar Husin, Manajer Operasional Taman Impian Jaya Ancol, saat acara Ngopi Sore di Nyiur Resto, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

(BACA: Menyambut Libur Lebaran, Ancol Berbenah Tambah Fasilitas)

Bagi wisatawan yang berencana akan ke sana di libur panjang lebaran ini, jangan khawatir. Berikut KompasTravel sajikan tips parkir yang benar, sesuai sekenario Ancol Taman Impian, sehingga tak terjebak macet, dan salah masuk gerbang.

Pertama, mulai H+1 Lebaran, setiap pagi 07.00 hingga 09.00 gerbang yang akan dibuka hanyalah gerbang Carnaval dan Marina. Sedangkan gerbang Barat dan Timur akan dinonaktifkan sementara.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Main Tank (akuarium utama) yang ada di Seaworld Ancol, Jakarta, Jumat (10/7/2015). Akuarium utama ini berisi ikan hiu, pari, kuwe, kerapu, dan jenis ikan-ikan lain.

Semua wisatawan kecuali yang menginap di hotel, akan diarahkan menuju gerbang Carnaval dan parkir di sentral timur, dekat Ancol Beach City (ABC).

Maka di mana pun Anda masuk akan diarahkan ke kawasan Pantai Carnaval Ancol. Lebih baik dari luar, Anda sudah mengarahkan kendaraan ke bagian timur Ancol Taman Impian.

Sementara wisatawan yang akan menginap di hotel-hotel dengan jam check in pagi, akan diarahkan ke gerbang Marina (barat). Gerbang Marina, dibuka khusus bagi wisatawan yang ingin menginap di hotel-hotel seperti Putri Duyung, Mercure, dan yang ingin menyeberang pulau.

Setelah lewat sekitar pukul 09.00 atau 50 persen dari parkir sentral timur atau Carnaval sudah terpenuhi, barulah gerbang barat dan timur mulai dibuka. Wisatawan pun boleh bebas parkir di parkir sentral mana saja yang terdekat dengan destinasi.

Jika destinasi Anda Dufan, maka direkomendasikan parkir di sentral selatan, ataupun barat. Sedangkan jika tujuan Anda ke Atlantis bisa tetap ke sentral parkir carnaval/timur. Lalu yang ingin ke Gelanggang Samudera bisa parkir di selatan. Semuanya dengan catatan parkir timur sudah 50 persen terisi.

Dari tiap kantung parkir tersebut sudah disediakan moda transportasi massal yang memadai, yaitu Bus Wara-wiri sebanyak tujuh unit, dan Kereta Sato-sato sebanyak empat unit.

Bus Wara-wiri akan beroperasi seperti biasa, dengan jumlah yang diperbanyak, diprediksi akan bisa mengakomodasi wisatawan dari seluruh kantung parkir tersebut.

KOMPAS.COM/NICKY AULIA WIDADIO Ice Age Sids Arctic Adventure merupakan wahana baru Dunia Fantasi (Dufan) Taman Impian Jaya Ancol. Wahana baru ini bisa dinikmati pengunjung mulai Kamis (10/4/2014).

Sedangkan Kereta Sato-sato jalurnya akan membentang sepanjang 3,9 kilometer, dari Gerbang Timur hingga Pantai Bende, dan dilanjut hingga Ocean Dream Samudra, lalu ke Dunia Fantasi.

Kereta ini akan beroperasi pukul 08.00-17.00 WIB, dengan empat rangkai, masing-masing rangkaian terdiri dari enam gerbong. Total kapasitasnya sekali angkut dapat mencapai 134 orang,

“Wisatawan tinggal nunggu di empat stasiunnya, parkiri timur, samping masjid terminal B, dekat Ecovantion, dan di Sampireun dekat gerbang utama Dufan. Perkiraannya dengan kecepatan 10-15 km/jam kereta tersebut ada setiap 20-30 menit,” ujar Agus, Wakil Direktur Rekreasi Ancol Taman Impian.

Sumber: travel.kompas..com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.