Baper - Bacaan Perempuan

Inspirasi Menu Makan Sahur Andalan Ala Anak Kosan

Sahabat BAPER! Anak kosan memang paling sering melewatkan waktu makan sahur karena alasan telat bangun atau bahkan malas masak. Meskipun sunnah, tapi pada dasarnya menyantap makan sahur sangat dianjurkan lho. Biar kamu kuat puasa seharian, yuk simak inspirasi menu makan sahur selama sebulan yang bervariasi ini!

Abon

menu sahur abon

Image: infopeluangusaharumahan.com

Salah satu menu sahur praktis untuk anak kosan adalah Abon, terutama buat kamu yang suka malas dan nggak sempet masak. Meski cuma disantap dengan nasi putih hangat, tapi Abon ini juga bisa jadi menu sahur kalau telat bangun. Pokoknya, sebelum masuk bulan Ramadan, pastiin dulu deh kamu udah siapin stok Abon untuk jadi menu sahur selama sebulan.

Kornet

MENU SAHUR kornet

Image: http://resepmasakanalternatif.blogspot.co.id/

Selain Abon, kamu juga bisa menyantap Kornet untuk jadi menu sahur ringkas andalan. Dengan Kornet, nggak ada lagi deh alasan nggak sahur karena telat bangun karena pada dasarnya, Kornet ini adalah menu sahur kalau telat bangun yang paling bisa diandalkan.

Buah Kurma

makan sahur kurma

Image: khasiat.co.id

Diluar berbagai menu sahur mu yang praktis, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah Kurma. Kurma merupakan salah satu kandungan yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya sari kurma aja yang baik untuk tubuh, namun Buah Kurma juga sangat penting dikonsumsi selama puasa karena bisa mencegah anemia, mengurangi lelah dan lesu saat berpuasa serta mencegah diabetes. Biasanya, saat berpuasa, orang-orang cenderung mengkonsumsi manisan buatan untuk menaikkan gula darah yang dapat menyebabkan datangnya diabetes. Nah, untuk penggantinya, kamu bisa mengkonsumsi buah kurma untuk menjaga kandungan gula dalam tubuh. Selain itu, buah kurma pun juga bisa membantumu tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Harga kurma tentu berbeda-beda dan tersedia dalam berbagai jenis dan ragam, pastiin kamu membeli harga kurma dan rasa yang cocok denganmu.

Sarden

makan sahur sardines

Image: cooklikekayka.wordpress.com

Pilihan menu Sarden pun juga bisa jadi menu sahur praktis andalan untuk anak kosan. Kamu bisa beli berbagai rasa dan bumbu Sardine yang sesuai dengan pilihan di supermarket. Praktis, tapi Sarden juga bisa jadi menu sahur praktis yang menggugah selera.

Oatmeal

pexels-photo-128865

Image: pexels.com

Kalau kamu nggak memperhatikan kandungan makan sahur, biasanya tubuhmu akan mudah lapar. Nah, Oatmeal bisa menjadi strategi untuk membuat tubuhmu kenyang lebih lama. Buktinya, diet Oatmeal udah terkenal banget untuk orang-orang yang ingin menjaga berat badan dan menghindari camilan. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, makanya nggak heran kalau diet Oatmeal cukup efektif. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan potongan buah favorit.

Baca juga: 6 Kreasi Indomie Super Menggoda yang Wajib Dicoba

 

Pocari Sweat

 

Image: adayroi.com

Saat berpuasa memang tubuh lebih cepat lemas karena berkurangnya kandungan gula dan juga sumber energi. Namun, biar energimu terjaga sepanjang hari, usahakan untuk mengkonsumsi Pocari Sweat setelah makan sahur untuk menjaga kondisi tubuhmu.

 

Nasi goreng dan telur

menu sahur nasi goreng

Image: http://citraindonesia.com/

Meskipun sederhana, tapi Nasi Goreng dan Telur bisa jadi menu sahur praktismu yang bervariasi. Nggak perlu meracik bumbu nasi goreng sendiri kok, tinggal beli aja bumbu jadi di minimarket, kasih potongan cabai dan juga telur ceplok, jadi deh menu sahur praktis mu! Nasi Goreng dan Telur ini wajib jadi daftar menu sahur mu nih!

Telur Ceplok

food-breakfast-egg-milk

Image: pexels.com

Kalau kamu terlalu malas untuk memasak Nasi Goreng, Telur Ceplok pun juga bisa jadi menu sahur lho! Biasanya, Telur Mata Sapi ini disantap dengan saos sambal, cabai bubuk atau kecap manis. Tapi, biar tubuhmu kenyang lebih lama, usahain untuk mengkonsumsi menu tambahan, seperti buah Kurma dan susu.

 

Telur Balado

menu sahur telor balado

Image: detik.com

Untuk makan sahur praktis, kamu juga bisa lho menyiapkan masakan Telur Balado dari jauh-jauh hari untuk jadi stok menu sahur praktis selama sebulan. Telur Balado ini juga bisa jadi menu sahur kalau telat bangun. Praktis, tapi tetap menyehatkan dan bergizi.

Sereal

pexels-photo

Image: pexels.com

Menjelang lebaran, biasanya rasa malas untuk makan sahur udah mulai berdatangan. Tapi, kamu tetap harus mengkonsumsi makan sahur, minimal dengan sereal dan susu. Makanan sahur ini paling mudah dibuat dan pasti selalu jadi favorit setiap orang.

Rendang

makan sahur rendang

Image: http://resepdanmasakan.com/

Rendang adalah salah satu makanan untuk sahur yang bisa jadi andalannya anak kosan. Buat kamu yang selalu ikutan kumpul keluarga saat hari pertama puasa, coba deh minta stock rendang sama sang nenek atau mama untuk jadi menu sahur selama sebulan di kosan!

Rendang Telur

makan sahur rendang telur

Image: tokopedia.com

Kalau kamu nggak kebagian Rendang untuk jadi stok menu sahur, nggak perlu khawatir, kamu masih bisa menikmati Rendang Telur untuk jadi menu sahur selama sebulan. Rendang Telur kering ini nikmat banget disantap dengan nasi hangat.

Dendeng

menu sahur dendeng

Image: royaltumpeng.com

Selain Rendang, Dendeng pun juga bisa jadi menu buka puasa dan sahur untuk anak kosan. Dendeng dengan nasi putih hangat aja rasanya udah nikmat banget! Tapi, pastiin Dendeng ini masih bersahabat di perutmu, kalau nggak, siap-siap sakit perut sepanjang hari deh.

Baca juga: 10 Makanan Anak Kost yang Hanya Bermodalkan Rice Cooker

Mie Instan

menu sahur indomie

Image: tpaulanny.deviantart.com

Kreasi mie instan memang selalu menggugah selera dan jadi menu sahur terfavorit anak kosan. Selain jadi menu sahur praktis, mie instan ini punya rasa beragam dan selalu membuat nafsu makan bertambah. Meskipun nikmat, tapi usahain jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan saat makan sahur karena bisa bikin perut melilit dan gampang lapar.

 

Susu

Anak kosan biasanya cenderung mengkonsumsi menu sahur praktis yang belum tentu bergizi. Nah, untuk menjaga kandungan protein dalam tubuh, sebaiknya konsumsi susu setelah menyantap menu sahur mu, terlebih lagi buat kamu yang hobi mengkonsumsi Mie Instan atau sekedar Abon untuk menu sahur.

Pasta Instan

pexels-photo

Mau makanan yang lebih memikat untuk jadi menu makan sahur? Siapin aja mie pasta dengan saus instannya yang bisa kamu dapatkan di minimarket. Pasta instan ini bisa jadi variasi menu sahur instan selama bulan Ramadan.

 

Teri Kacang

makan sahur teri kacang

Image: teriuti.com

Menjelang bulan puasa, ada baiknya kamu menyiapkan menu sahur selama sebulan dengan menyiapkan Teri Kacang untuk jadi lauk makan sahur selama sebulan. Teri Kacang ini biasanya kuat disimpan untuk waktu yang lama dan bisa jadi menu buka puasa dan sahur untuk kamu yang malas masak.

Chicken Nugget

makan sahur chicken nugget

Image: sheknows.com

Untuk variasi menu sahur, kamu juga perlu lho punya stok Chicken Nugget di kulkas karena Chicken Nugget ini juga termasuk salah satu menu sahur praktis yang juga bisa jadi menu sahur kalau telat bangun. Rasa Chicken Nugget pun beragam, bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Yuk siapi menu sahur menjelang Ramadan nanti!

 

Sumber : shopback.co.id

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.