Baper - Bacaan Perempuan

Istilah Shooping Yang Harus Kita Tahu

Women love shopping, disadarin atau nggak, pasti ada sifat shopaholic yang dimiliki perempuan. Mulai dari item fashion, buku, or simply the little stuff kayak hiasan. Nah buat kita perempuan, jangan ngaku hobi shopping kalau belum tau beberapa istilah istilah penting yang bakal sering didenger kalau lagi shopping, terutama untuk online shopping.

 

SELLER, BUYER, AND CUSTOMER

Terjemahan dari kata tersebut sebenarnya udah nunjukkin peran mereka dalam kegiatan berbelanja. But to be clear, yes, seller adalah penjual, buyer adalah pembeli, dan customer adalah pelanggan. Ada perbedaan antara buyer dan customer walaupun keduanya berarti pembeli, customer lebih loyal atau bisa dibilang pembeli tetap.

 

SUPPLIER AND RESELLER

Both are related dalam hal berbelanja. Supplier yaitu sebutan untuk orang yang menyediakan pasokan barang kepada penjual. Berbeda dengan reseller, ia adalah sebutan untuk orang yang membeli barang kepada penjual yang nantinya dijualkan kembali kepada konsumennya. Biasanya, reseller bisa mendapat harga khusus dan harus membeli stock barang dalam jumlah banyak kepada penjual awal.

 

DROPSHIP

Istilah ini digunakan para reseller untuk pengiriman barang atasnama dirinya kepada konsumen

 

COD (CASH ON DELIVERY)

Selain transfer, pembelian barang secara online bisa juga melalui COD atau bayar ditempat. Yes, that means barang sampai baru bayar!

 

HIT AND RUN

Istilah ini berarti pembeli yang order barang, namun setelah beberapa lama tiba-tiba menghilang dan tidak jadi beli. Hmm, jangan sampai jadi pembeli yang kayak gini yaa, karena beberapa online shop melakukan blacklist buat buyer yang hit and run!

 

READY STOCK, PRE-ORDER, SOLD OUT, AND RESTOCK

Ketiga istilah menyangkut persediaan barang. Dimana ready stock artinya barang udah di tangan penjual dan siap untuk dikirim, pre order artinya membuka pemesanan untuk barang yang masih diluar tangan pembeli but soon to be, sold out artinya barang telah habis terjual, dan restock adalah adanya penyediaan barang kembali setelah barang tersebut kosong.

 

TRUSTED

Sesuai terjemahannya, istilah ini digunain sebagai sebutan buat online shop atau shop yang terpercaya, nggak nipu, dan hasilnya memuaskan pembeli.

 

TESTIMONI

Istilah untuk pesan dan kesan dari pembeli. Ini biasanya dijadikan bukti untuk meyakinkan pembeli lainnya kalau online shop tersebut trusted.

 

NO AFGAN

Sebenarnya istilah ini jarang digunakan, but some online shop use it. Istilah ini merujuk pada judul lagu Afgan yang berjudul Sadis. Artinya boleh nawar, tapi jangan sadis-sadis. LOL

 

Nah itu dia beberapa istilah yang sering dipakai dalam hal berbelanja terutama online shopping! Soo, no bingung-bingung lagi and lets start shooppiingg!!

 

Sumber : cerita-kita.co.id

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.