Baper - Bacaan Perempuan

Kata Elisabeth Karin Soal Tidak Lolos SBMPTN 2017

Sahabat BAPER Selasa siang kemarin merupakan hari yang ditunggu-tunggu sekaligus saat-saat yang ditakutkan oleh banyak orang.

Soalnya saat itu hasil SBMPTN resmi diumumkan.

Buat kalian yang masuk ke PTN yang dicita-citakan, Sahabat BAPER mengucapkan selamat! Semoga urusan ke depannya dilancarkan dan menikmati proses perkuliahan.

Tapi buat yang belum lolos, jangan patah semangat. Gagal SBMPTN bukan akhir dari segalanya.

Yuk, belajar dari Elisabeth Karin (18). Teman kita yang satu ini meskipun mengalami kegagalan, tetap semangat dan enggak patah arang.

Simak kisah selengkapnya di bawah ini.

Kisah cewek yang tidak lolos SBMPTN 2017 dan tetap semangat melanjutkan pendidikannya.

(Lihat di sini apa saja Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dicari)

 

Hai, Karin. Sebelumnya cewekbanget.id boleh tau enggak, kamu daftar SBMPTN di mana dan jurusan apa?

“Boleh. Aku ambil jurusan Psikologi dan Akutansi di Universitas Gajah Mada dan Universitas Diponegoro.”

 

Kemarin, saat akhirnya tau bahwa kamu enggak lolos SBMPTN 2017 ini, gimana reaksi awal kamu?

“Kalau bilang aku enggak kecewa sih bohong ya, pasti ada lah rasa kecewa. Soalnya aku ngerasa udah maksimal banget persiapannya.

Aku udah belajar banyak, tapi kok enggak lolos juga.

Pas menit-menit menuju waktu pengumuman juga aku ngerasa panik dan deg-degan banget, he-he.

Tapi akhirnya pas udah tau gimana hasilnya, yaudah aku mencoba menerima aja.

Dan sekarang, sejujurnya aku malah jadi lebih lega, soalnya ngerasa udah enggak ada beban lagi.

Plong banget deh, he-he.”

(Lihat kisah Cania yang berhasil lolos SBMPTN di sini ya!)

 

Emang untuk menghadapi SBMPTN tahun ini, persiapan kamu apa aja?

“Pastinya aku rutin belajar ya. Selain itu, aku juga ikut les mata pelajaran untuk lebih matang lagi saat mengerjakan soal-soal SBMPTN.

Itu aku lakukan selama beberapa bulan sebelum SBMPTN 2017 akhirnya dimulai.

Dan yang terpenting sih, berdoa ya.”

 

Kalo menurut kamu, kegagalan ini apakah karena kurang siap saat ujian kemarin?

“Hm, aku enggak bisa pastiin sih. Tapi menurutku, proses ujian kemarin itu mirip-mirip kayak waktu Ujian Nasional (UN) kali ya.

Serius sih, tapi aku mencoba untuk tenang dan santai aja saat ngerjain.

Bedanya kali ini enggak ada teman yang aku kenal sama sekali dalam ruangan ujian.

Meski begitu, menurutku aku udah mencoba hal yang terbaik yang aku bisa, jadi enggak ada penyesalan.”

 

Tapi, sempet ada rasa iri atau sedih enggak sih saat ngeliat teman-teman yang lulus?

“Enggak sih, karena aku juga udah keterima di PTS dengan jalur prestasi dan mendapat peringkat 2 di sana, he-he.”

 

Kalo respon dari orangtua gimana nih? Mereka kecewa juga atau enggak?

“Untungnya enggak (kecewa) ya. Malah Papa dan Mama yang tetap kasih dukungan pas aku sempat down bentar saat hasilnya keluar.

Mereka banyak ngucapin saran dan nasehat supaya aku enggak terus-terusan sedih dan kecewa.

Mama bilang: “kan kamu juga udah diterima di PTS, jadi yaudah jalanin dulu aja. Tuhan pasti punya rencana indah kok buat kamu, dibawa seneng aja ya.”

Karena support mereka lah aku jadi bisa lebih mikir positif dan enggak terus-terusan sedih karena gagal.”

(Baca juga: Kisah cewek yang gagal SBMPTN, tapi enggak menyerah.)

 

Wah, keren! Lalu bagaimana dengan Plan B? Katanya kamu udah diterima di PTS?

“Iya, sebelumnya aku emang udah daftar di Universitas Katolik Soegijapranata jurusan Psikologi sebelum aku mencoba ujian SBMPTN tahun ini.

Dan untungnya memang di PTS yang aku pilih ini aku ngambil jurusan yang emang aku idam-idamkan.

Jadi ya mungkin emang udah jalannya Tuhan supaya aku masuk ke sana aja, he-he.

Aku mikir, enggak mesti di PTN deh, asal kita bisa enjoy sama perkuliahan pasti nanti bisa sukses juga kok.”

 

Buat yang pengin ikut SBMPTN, sepenting apa sih nyiapin Plan B menurut kamu?

“Wah, sangat penting, ya. Kita mesti realistis dan mempersiapkan yang terburuk.

Yang daftar ke PTN kan banyak banget, enggak mungkin semuanya keterima, makanya supaya ketika hal yang enggak enak

itu dateng, kita udah siap.

Sedia payung sebelum hujan lah istilahnya.

Kalo enggak gitu, ntar pas enggak keterima di SBMPTN, kita malah bingung abis itu mau ke mana.

Bisa-bisa pendaftaran di PTS juga udah banyak yang tutup kan.

Seenggaknya, kalo udah punya kampus cadangan tuh kita bisa ngerasa lebih tenang sekalipun enggak keterima di PTN.”

 

Kalo UM (Ujian Mandiri) gitu atau SBMPTN tahun depan, kamu pengin ikut lagi enggak?

“Awalnya iya, aku pengin. Tapi karena udah telat juga (daftar UMnya), jadi enggak sempat daftar.

Kalo buat ikutan SBMPTN tahun depan, kayaknya enggak deh, he-he.

Aku juga ngerasa sih kalo masuk PTN itu bukan satu-satunya jalan.

Jadi sekarang fix nih di PTS yang aku daftar sebelumnya aja. Doain ya supaya sukses ke depannya!”

(Lihat di sini Drama Korea yang bercerita tentang Kehidupan Kuliah )

 

Pastinya! Nah, buat teman-teman yang belum lolos SBMPTN tahun ini dan ingin mendaftar ke seleksi berikutnya, apa nih pesan-pesan yang pengin kamu sampaikan?

“Jangan patah semangat ya! Terus berjuang, soalnya Tuhan pasti punya rencana yang terbaik kok buat kalian.

Tapi kalo nanti memang gagal lagi, enggak usah berkecil hati.

Masuk PTN bukan satu-satunya jalan buat menggapai mimpi dan keberhasilan kok.

Asal kitanya terus mau belajar dan memberikan yang terbaik dalam segala tugas yang dipercayakan kepada kita, percaya deh, di manapun kita ditempatkan, pasti akan sukses juga. Amin!”

 

Wah, makasih ya sarannya, Karin! Inspiratif banget!

Semoga Karin terus sukses ke depannya ya…

Dan buat pembaca Sahabat BAPER lainnya yang enggak lolos SBMPTN tahun ini, juga jangan menyerah ya! Masih banyak kok jalan lain yang bisa kita tempuh. Semangat!

 

Sumber : cewekbanget.grid.id

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.