Baper - Bacaan Perempuan

Kerokan Bikin Masuk Angin Hilang, Mitos Atau Fakta?

Zaman boleh aja udah modern dengan gadget canggih yang marak bermunculan. Tapi, Sahabat BAPER ngaku deh, siapa yang suka minta kerokan tiap masuk angin? Is it really workingLet’s find out.

 

Nggak cuma admin BAPER aja loh!, banyak juga orang yang ngerasa harus kerokan kalo lagi nggak enak badan, meriang, atau pegel-pegel. Caranya emang simple, cuma bermodalkan koin logam (biasanya yang tipis atau kalo nggak ada bisa pake tutup balsem) dan balsem. Koin ditekan dan geser ke permukaan kulit di bagian leher, punggung, dan lengan atas sampe kemerahan. Mitosnya sih karena angin yang bedara di dalam tubuh udah keluar akibat proses kerokan. Faktanya, di prosesnya terjadi pelebaran pembuluh darah, yang bikin bagian tubuh yang dikerok jadi merah

 

KEROKAN-FACTS-AND-MYTHS

 

Terus, kenapa kalo abis kerokan, badan jadi enak dan enteng? Hmm, pelebaran pembuluh darah tadi bikin darah kembali mengalir dengan deras. Penambahan arus darah ke permukaan kulit ini melepaskan hormone endorphin. Tau dong, kalo hormin endorphin ini bertanggung jawab bikin kita merasa nyaman. Pas endorphin dilepas, otot yang nyeri karena udara dingin atau kurang gerak mulai berkurang kekakuannya.

Proses kerokan ini sebenarnya sejalan dengan akupuntur, asal dilakukan dengan benar. Untuk ngurangi nyeri dan iritasi kulit, para ahli akupuntur menyarankan agar alat kerok melewati titik akupuntur biar urat saraf motorik terangsang. Supaya nggak melukai kulit, disarankan menggunakan minyak atau balsem. Kalo gitu, kerokan beneran ampuh dong buat usir gejala masuk angina? Eits, nanti dulu. Medically, kerokan akan memperlebar pembuluh darah tepi yang menutup. Selama dilakukan secara benar dan nggak terlalu sering, kerokan bisa ngurangin nyeri otot. Tapi, kalo keseringan, bisa bikin pembuluh darah kecil pecah. Saran BAPER! mending mulai berolahraga dan minum wedang jahe kalo badan mulai terasa berat. Selamat mencoba Sahabat BAPER!

 

Sumber : gogirlmagz.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.