Baper - Bacaan Perempuan

Menikmati Susu Segar Boyolali Hingga 60 Jenis Wedang Rempah

BOYOLALI, KOMPAS.com – Jika liburan ke Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, salah satu aktivitas yang tak boleh Anda lewatkan ialah menyeruput susu sapi segar khas Boyolali. Banyaknya peternakan warga membuat Boyolali kaya akan produsen susu sapi.

Apalagi jika susu sapi tersebut dapat dinikmati dengan 60 macam wedang rempah, dan aneka hidangan angkringan di rumah kuno peninggalan kolonial?

Anda bisa mengunjungi salah satu kafe unik di Boyolali, yaitu Kedai W-dangan Kandang Sapi. Kedai bernuansa klasik ini menyajikan kuliner khas Jawa Tengah. Antara lain angkringan, susu sapi segar Boyolali, dan aneka wedang rempah.

Amyrudyn selaku Supervisor Kedai W-dangan Kandang Sapi, mengatakan dirinya memadukan rempah dengan hidangan modern seperti milkshake, jus, teh, kopi, susu, hingga squash dalam nuansa desa zaman kolonial.

Selain susu murni, Anda dapat mencoba susu blend dan susu rempah. Untuk susu blend, kafe ini menyediakan rasa buah-buahan, cokelat, kopi, hingga madu.

Sedangkan menu wedang rempahnya tersedia lebih dari 60 macam racikan. Dari wedang spesial kandang sapi, wedang ksetrum, wedang jesika, wedang jahe, kencur, hingga bir pletok. Selain 60 menu yang tersedia pun, pembeli dapat meracik kombinasi rempahnya sendiri.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Bangunan dalam bekas peninggalan zaman kolonial Belanda menjadi salah satu suasana menarik di W-dangan Kandang Sapi, Boyolali, Jawa Tengah.

“Bisa bebas meracik kok, misal mau coba campur rempah apa aja, sama susu, atau permintaan sesuai keluhannya. Bisa pegal, pusing, dan batuk,” ujarnya pada KompasTravel saat dikunjungi pada Rabu, (25/4/2017).

KompasTravel mencicipi sajian wedang spesial kandang sapi, sajian andalan kafe ini. Campuran berbagai macam rempah seperti kayu manis, jahe, cengkeh, kola dan banyak lainnya ini terasa segar dan begitu menghangatkan bila dikonsumsi malam hari. Terlebih dengan potongan jeruk nipisnya yang menambah kesegaran.

Untuk hidangan minumannya, Anda bisa memperolehnya dengan harga mulai Rp 6.000 hingga Rp 10.000. Sedangkan menu makanannya, Anda bisa memilih angkringan dengan berbagai macam lauk, gorengan, kerupuk, dan sate.

Pengelola menyediakan live music pada Selasa dan Sabtu dengan tema musik pop anak muda, sedangkan Kamis dengan tema musik nostalgia. Pengunjung pun dimanjakan dengan fasilitas wifi, tv kabel, live music, dan karaoke.

Satu lagi yang tak kalah unik di sini ialah bangunan kafe yang merupakan bekas rumah Belanda dan masih bergaya kolonial. Pemiliknya mengombinaskan bangunan tua yang masih penuh pernak-pernik klasik tersebut dengan suasana pedesaan “kandang sapi” di Boyolali.

Jika ingin berkunjung ke kafe ini, Anda bisa menuju Jalan Pandanaran 243, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Sumber: travel.kompas..com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.