Baper - Bacaan Perempuan

Merayakan Lahirnya Legenda Jeans, Levi’s 501

KOMPAS.com – Kepopuleran celana jins sebagai kultur kaum muda tak lepas dari kiprah Levi’s, terutama seri 501 yang dipatenkan pada 20 Mei 1873. Kini tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari kelahiran denim biru Levi’s 501.

Dalam lamannya, Levi’s menyebutkan: “Kami menganggap 20 Mei 1873 sebagai kelahiran jeans, karena meski celana denim sudah dipakai bertahun-tahun sebelumnya, namun pemasangan paku keling baru dilakukan saat itu. Dan hasilnya adalah apa yang sekarang kita sebut sebagai jeans.”

Levi’s 501 yang semula bernama XX merupakan tipe awal merek itu. Levi Strauss dan Jacob Davis, penjahit sekaligus pebisnis yang berkongsi, kemudian mempopulerkan jeans.

Baru pada tahun 1890, celana yang dikenal sebagai XX itu diberi seri 501, dan menjadi seri paling populer di dunia. Majalah TIME pernah menobatkan seri ini sebagai “Fashion Item Abad ke-20”.

Ciri terpenting dari legenda Levi’s ini adalah paku keling di tiap sudut jahitan saku, memastikan sudut-sudut itu kuat menghadapi tarikan kasar para pekerja tambang. Paku keling itulah yang dipatenkan.

Kini 144 tahun setelah kelahirannya, jeans telah menjadi budaya. Hampir setiap orang memiliki dan memakainya. Seri 501 sendiri telah didesain ulang berkali-kali untuk menyesuaikan zaman dan tren.

Untuk memperingati hari lahir blue jeans ini, Levi’s selalu melakukan perayaan global dan meluncurkan koleksi terbatas. Tahun ini koleksi terbatas ini bisa didapatkan di toko Levi’s di mal Senayan City Jakarta mulai 20 Mei 2017.

 “Di Indonesia seri terbatas yang didesain khusus sebagai penghormatan terhadap masa rock’n’roll yang identik dengan 501 ini hanya akan ada 10 pasang,” ujar Country Marketing Head PT Levi Strauss Indonesia, Adhita Idris di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Perayaan global 501 Day antara lain konser di seluruh dunia. Untuk Indonesia, PT Levi Strauss Indonesia menghadirkan pertunjukan musik live streaming bersama MALIQ and D’Essential di laman Facebook Levi’s. Selain itu juga akan ada pemutaran perdana episode ke-5 dari seri dokumenter 501 di seluruh dunia.

Sumber: Lifestyle Kompas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.