Baper - Bacaan Perempuan

Sahabat BAPER, Produk Sehari-hari Ini Ternyata Picu Kanker Payudara Loh

Banyak hal kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya Kanker Payudara. Salah satunya adalah dengan menjauhkan diri dari barang berbahaya yang mengandung bahan kimia pemicu Kanker.
 
Tanpa kita sadari, alat yang kita gunakan sehari-hari mengandung bahan kimia berbahaya. Berikut tiga bahan kimia yang memicu timbulnya Kanker Payudara.

 

1. Bisphenol – A (BPA)
Kandungan bahan kimia BPA ini hampir sering kita temui di segala benda yang kita gunakan sehari-hari. Dikatakan bahwa BPA menjadi salah satu faktor timbulnya Kanker Payudara dan menyebabkan pubertas dini atau masa tumbuh anak berubah menjadi dewasa yang muncul pada usia yang lebih muda dari batas minimumnya, yaitu sebelum usia 8 tahun. BPA ini terdapat pada tempat makanan atau minuman yang berbahan utama plastik. Dan saat terpapar oleh panas, BPA akan mengeluarkan zat beracun.

Cara menghindarinya adalah mencari tempat makanan atau minuman yang bertuliskan BPA-free atau tidak mengandung BPA. Kamu bisa memilih untuk menggunakan tempat makanan atau minuman dengan bahan material kaca atau stainless steel. Selain itu, jangan masukkan minuman atau makanan panas ke tempat yang bukan BPA free, karena suhu panas tersebut akan melepaskan racun pada bahan kimia tersebut.

 

2. Phthalate
Bahan kimia ini banyak digunakan pada produk sehari-hari, karena bahan kimia ini membuat plastik menjadi lembut dan lentur. Terkadang bahan kimia ini juga banyak digunakan pada pewangi ruangan, kosmetik, deterjen dan produk pembersih.

Untuk menghindari terkena bahan kimia phthalate ini, pilih produk yang bertuliskan phthalate-free di produk yang ingin kamu beli. Kamu juga perlu berhenti membeli produk yang berbahan vinyl karena juga mengandung phthalate. Bagi kamu yang sering menggunakan pengharum sintetis, seperti lilin aromatherapy dan pengharum ruangan, hindari penggunaan bahan tersebut dan ganti menggunakan essential oil.

 

3. Paraben
Paraben adalah bahan kimia yang mengandung para-hidroksibenzoat. Paraben sintetik sudah digunakan sebagai pengawet obat-obatan sejak tahun 1924. Sekarang, paraben digunakan sebagai pengawet kosmetik dan dapat ditemukan di lotion, krim dan deodoran.

Paraben berbahaya bagi tubuh karena bahan kimia ini bertindak sebagai esterogen di dalam tubuh dan berbahaya bila digunakan secara berlebihan. Ada beberapa jenis paraben, yaitu methylparaben, ethylparaben, prophylparaben  dan butylparaben.

Mulai sekarang, ganti produkmu yang mengandung tiga bahan kimia ini dengan produk yang memiliki kandungan lebih baik, ya!

 

Sumber : gadis.co.id

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.