Baper - Bacaan Perempuan

Sahabat BAPER Waspada Efek Samping Mengantongi HP

Zaman sekarang, susah rasanya untuk hidup tanpa HP atau ponsel. Tiada hari tanpa mengecek media sosial dan internet. Nggak tenang hidup kalau berjauhan dari ponsel. Itulah kenapa makin banyak orang yang selalu membawa HP atau ponselnya kemana-mana.

Demi kepraktisan, biasanya kita akan menyimpan atau mengantongi HP di saku celana. Tapi tahukah Sahabat BAPER kalau mengantongi HP itu bisa berbahaya? Ada efek negatif yang dihasilkan bila kita punya kebiasaan menyimpan HP di saku celana.

Dr Devra Davis, seorang ilmuwan Amerika, seperti yang dikutip oleh news.com.au, telah meneliti efek radiasi HP selama bertahun-tahun. Dia memperingatkan kalau HP bisa memberi lebih banyak efek negatif daripada positifnya.

Dalam obrolan di National Institute of Environmental Health Sciences, ia mengungkapkan kekhawatirannya soal dampak negatif penggunaan ponsel ini. Dokter Davis mengatakan kalau radiasi yang mirip ponsel, tentunya dengan pengawasan ketat, telah digunakan di dunia kedokteran untuk mengobati kanker hati, mendeteksi kanker, dan meningkatkan penyerapan obat di dalam otak. Cuma efek sampingnya radiasinya juga bisa merusak DNA, mempengaruhi kesuburan pria, dan mengubah metabolisme otak.

Penggunaan ponsel berlebihan juga bisa memicu depresi, diabetes, dan masalah jantung.

Dokter Davis mengungkapkan sebuah kasus yang cukup mengagetkan Ia pernah menemukan seorang wanita muda yang mendapat tumor payudara dengan ukuran yang sama persis dengan ukuran ponsel yang biasa ia simpan di dalam branya. Wah, ngeri juga ya.

Mengantongi HP di dalam saku celana pun bisa memberi efek negatif. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa menyimpan ponsel di saku celana bisa melemahkan area panggul dan menurunkan kepadatan tulang. Buat kamu yang punya kebiasaan mengantongi HP di saku celana, mulai dari sekarang kudu dikurangi ya.

Di zaman sekarang, sulit memang untuk hidup tanpa HP. Tapi kita juga tetap perlu memperhatikan kesehatan kita. Untuk amannya, dari sekarang simpan HP di dalam tas saja. Atau kalau terpaksa menyimpannya di dalam saku celana, jangan sering-sering melakukannya ya Sahabat BAPER.

 

Sumber : vemale.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.