Baper - Bacaan Perempuan

Selain Perayaan Waisak di Borobudur, Intip Juga Wisata Unik Ini…

MAGELANG, KOMPAS.com – Pesona Candi Borobudur di Magelang memang luar biasa, tak heran bangunan megah ini diakui sebagai salah satu warisan kebudayan dunia oleh UNESCO.

Namun, di sekitarnya pun tumbuh berbagai destinasi wisata yang bisa Anda jadikan alternatif setelah berkunjung ke Candi Borobudur.

Berikut rangkuman KompasTravel, beragam wisata unik yang bisa Anda jadikan destinasi liburan setelah mengunjungi Candi Borobudur.

1. Menyatu dengan alam di Desa Wisata Wanurejo

Di desa wisata ini Anda bisa menikmati ragam kebudayaan masyarakat yang masih memegang teguh adat kebudayaannya. Mulai dari kebudayaan nyadran hingga kirab budaya Merti Desa atau bersih desa/sedekah bumi dari upacara adat Saparan.

(BACA: Desa Wisata Wanurejo, Pilihan Berwisata di Sekitar Candi Borobudur)

Selain tradisi, kesenian dan kerajinannya juga hidup. Kerajinan mulai dari kerajinan kayu, bambu, batik, fiber, dan sebagainya juga bisa ditemui di beberapa titik di Wanurejo.

Uniknya di desa ini, terdapat sembilan dukuh yang memiliki atraksi wisata tersendiri, dijamin Anda tak akan bosan mengunjungi desa ini.

Dusun Barepan misalnya, di sana wisatawan bisa menikmati wisata pertanian dan perikanan, wisata kerajinan kayu, sedangkan di Dusun Soropadan, wisatawan bisa menikmati alunan musik bambu Arumba.

KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Fun Off Road di Taman Nasional Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, awal Januari 2017.

2. Fun Off Road Merapi

Selain rafting, Magelang juga punya wisata pemacu adrenalin lainnya, salah satunya ialah Off Road Merapi. Destinasi wisata ini berada di area Taman Nasional Gunung Merapi yang memiliki trek menantang serta pemandangan yang mempesona.

Untuk mencobanya, Anda cukup menyewa jeep dan memilih paket yang disediakan oleh penyedia jasa wisata ‘Fun Offroad’, salah satunya milik Merapi Park Adventure di Muntilan, Kabupaten Magelang.

(BACA: Long Weekend, Volcano Tour Gunung Merapi Diserbu Wisatawan)

Selama 3-4 jam, Anda akan dibawa berpetualang sepanjang 15 kilometer, yang dimulai dari Muntilan hingga area Taman Nasional Gunung Merapi, kawasan Srumbung.

3. Mencumbu pagi di Phuntuk Setumbu dan Bukit Rhema

Di Phuntuk Setumbu, Anda bisa memandang indahnya matahari terbit dari tempat dengan ketinggian sekitar 1.300 meter dari permukaan air laut dengan pemandangan alam kawasan Candi Borobudur.

Setelah matahari menampakkan wujudnya, Anda pun bisa berlanjut trekking ke Bukit Rhema, yang tak jauh dari sana. Tempat itu juga kerap disebut Gereja Ayam, atau Gedung Merpati, di luar itu bentuknya yang unik membuatnya sering digunakan menjadi lokasi favorit berfoto.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Bukit Doa Rhema atau dikenal pula Dove Hill, Gereja Ayam, atau Gereja Burung, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

Kedua destinasi hits Magelang ini pernah menjadi lokasi shooting film AADC 2. Lokasinya berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

4. Uniknya Rumah Kamera, Desa Majak Singgi

Pernahkah Anda masuk kedalam rumah atau bangunan yang berbentuk persis seperti kamera DSLR? Di Desa Majak Singgi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Anda bisa mencobanya.

Selain desai yang unik, bangunan ini juga berisi galeri lukisan sang maestro pemilik rumah tersebut. Selain itu Anda bisa berfoto diatas puncak lensa yang menjadi puncak bangunan tersebut. Dari sana juga terlihat pemandangan Candi Borobudur yang begitu menawan.

Sumber: travel.kompas..com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.