Baper - Bacaan Perempuan

Serunya Jelajah Budaya dan Bahasa untuk Warga Negara Asing

JAKARTA, KOMPAS.com – Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Sudah sepantasnya kita sebagai warga Indonesia mencintai dan menjaga bahasa Indonesia.

Dalam rangka mencintai dan menjaga bahasa Indonesia, Duta Bahasa bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia untuk menyelenggarakan acara Jelajah Bahasa dan Budaya di kawasan Kota Tua Jakarta, Minggu (30/4/2017).

“Jelajah Bahasa dan Budaya merupakan sebuah program yang diperuntukkan untuk warga negara asing yang bisa berbahasa Indonesia. Bagi yang belum bisa juga boleh ikut untuk mengenal lebih dalam bahasa dan budaya Indonesia,” ujar Penanggung Jawab Program Jelajah Budaya dan Bahasa, Ayu Widari kepada KompasTravel.

“Yang menarik dari acara ini, peserta yang semuanya warga negara asing berkompetisi untuk menyelesaikan 5 tantangan di 4 pos yang tersebar di kawasan Museum Fatahilah Jakarta,” katanya.

(BACA: Karangan Bunga di Balai Kota DKI Jakarta Tarik Perhatian Wisman)

Tantangan tersebut, menurut Ayu, terdiri dari 5 keterampilan kebahasaan, yakni mendengarkan, menulis, membaca, berbicara, dan mengenal budaya Indonesia.

“Total peserta yang terdaftar ada 20 orang dibagi menjadi 10 grup, jadi satu grup ada 2 orang. Tugas mereka adalah mendatangi setiap pos dan menyelesaikan tantangannya. Konsepnya seperti Amazing Race,” ujar Ayu.

Peserta yang pertama kali menyelesaikan semua tantangan, akan mendapatkan hadiah utama berupa tiket pergi pulang Jakarta- Bali untuk dua orang.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Peserta Jelajah Bahasa dan Budaya di Kawasan Kota Tua, Minggu (30/4/2017), diikuti oleh mahasiswa asing yang berasal dari berbagai universitas di Jakarta.

Peserta yang mengikuti kompetisi ini merupakan mahasiswa asing dari berbagai universitas di Jakarta, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Atmajaya, dan lain sebagainya.

“Dengan program kreatif seperti ini diharapkan bahasa Indonesia akan lebih dikenal oleh dunia luar dan juga kita sebagai warga Indonesia makin mencintai bahasa dan budaya kita,” ujar Ayu.

Selain acara ini, Duta Bahasa juga mempunyai banyak program lainnya dalam pelestarian bahasa dan budaya Indonesia, yakni literasi, penggunaan bahasa di luar publik, pelestarian sastra, pelestarian bahasa daerah, BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), serta pengembangan bahasa dan sastra dalam multimedia.

Sumber: travel.kompas..com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.