Baper - Bacaan Perempuan

Ternyata Tubuhmu Butuh Pelukan Hangat Setiap Hari

Untuk mendapatkan ketenangan hati, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeluk atau mendapatkan pelukan dari orang yang kamu sayang, seperti keluarga dan teman dekat. Kamu mungkin tidak sadar, tapi ternyata tubuhmu butuh pelukan hangat setiap hari lho.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perlakuan sederhana ini bisa memberi manfaat baik terhadap orang memeluk maupun yang dipeluk. Percaya atau tidak, pelukan hangat bisa menjaga kesehatan fisik dan mental bahkan mencegah penyakit datang.

Seperti dilakukan oleh para peneliti dari Carnegie Mellon University, peneliti menguji 404 orang dewasa sehat mengenai efek support sosial dan efek menerima pelukan terhadap serangan virus penyakit. Hasilnya, orang yang menerima dukungan sosial dan pelukan punya daya tahan tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Psikolog DePauw University, Matt Hertenstein, mengungkapkan dalam NPR.com bahwa ketika kita berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang mampu membuat tubuh merasa bahagia, hangat dan nyaman.

Pelukan akan membuat hatimu hangat/copyright Pixabay.com

Hormon yang erat kaitannya dengan rasa bahagia ini juga sekaligus mampu melepas stres dan menguatkan kepercayaan serta ikatan batin yang erat dengan pasangan. Bahkan penelitian lain mengatakan bahwa berpelukan bisa menurunkan tekanan darah tinggi karena hormon oksitosin mampu membuat efek rileks pada pembuluh darah.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science juga mengungkapkan bahwa pelukan dan sentuhan badan mampu mengurangi ketakutan akan kematian, meningkatkan kepercayaan diri dan menguatkan keberanian secara signifikan.

Dan tentu saja, pelukan bermanfaat untuk hati. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of North Carolina, Chapel Hill, peserta yang tidak melakukan kontak fisik dengan pasangan punya kondisi jantung yang lebih cepat dibanding mereka yang mendapat pelukan atau kontak fisik dengan pasangan. Dengan kata lain, pelukan mampu menenangkan hati.

Jadi, sekarang kamu tahu kan mengapa tubuhmu butuh sekali pelukan setiap hari?

 

Sumber : vemale.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.