Baper - Bacaan Perempuan

Tips Belajar Efektif Ini Udah Kamu Praktekkin Belum?

he more effective you learn, the more prepared you will be. Supaya belajar bikin kita beneran makin pinter, harus dilakukan dengan cara yang pinter juga Sahabat BAPER.

 

1. PAY ATTENTION IN THE CLASS

Ini dia yang paling penting kalo mau pintar. Jangan gampang distracted sama ajakan teman untuk ngegosip. Pay full attention to the lesson in class. Jadi, kalo mau mengulang materi pelajaran di rumah, setidaknya udah ada dasar pengetahuan dari yang kita terima di kelas. Kalo ada satu detil aja yang nggak dimengerti, buru-buru tanya sama temen/guru supaya nggak ada missing link yang bikin kita males menguasai bab tersebut.

 

2. REVIEW THE LESSON

Mengulang pelajaran, penting banget supaya kita nggak lupa. Banyak pelajar menggunakan SKS (Sistem Kebut Semalam) gara-gara nggak pernah mengulang pelajaran. Jadi harus mempelajari semua materi sekaligus buat ujian esok harinya. Nggak sehat buat nilai dan badan nih!

 

3. MAKE A PLAN

Supaya acara belajar kita lebih teratur dan semangat, coba bikin daftar target belajar yang mau kita capai. Contohnya, 1. Menghafalkan rumus trigonometri plus mengerjakan soal-soal latihannya, 2. Membaca ulang materi Biologi, 3. Buat essay bahasa Inggris, dst. Lakukan dengan sistematis. Setelah satu target selesai dikerjakan, you can move on to number two and so on. Good luck!

 

4. MAKE A GROUP STUDY

Untuk menjaga mood, atur waktu atau lingkungan belajar yang sesuai. Kalo lagi happy dan fun pasti belajarnya lebih enak. Kita bisa coba belajar kelompok. Kalo ada yang nggak ngerti, bisa nanya teman atau nyari jawaban bareng-bareng. Asal jangan terlalu rame ya. Bukannya belajar, bisa-bisa kita malah asyik ngemil dan ngobrol.

 

5. FIND YOUR STYLE

Hal ini terbukti efektif. Misalnya dengan bikin catatan kecil dengan bahasa kita sendiri supaya mudah dimengerti dan enak dibaca, atau merekam summary pelajaran untuk didengar tiap waktu. Yang jelas, find your learning style that suits you best! Mungkin sambil dengerin musik yang tenang kayak lagu-lagu classic, seperti Beethoven, Mozart, Bach, dll bisa membantu.

 

6. CHEW A PEPPERMINT

Worth to try. Mengunyah peppermint bisa membersihkan saluran pernapasan untuk menyerap udara bersih dan segar. Nah semakin banyak udara segar yang kita hirup, semakin banyak pula oksigen yang masuk ke otak. Oksigen kan membantu otak dalam bekerja secara optimal untuk menyimpan memori dan menyerap informasi.

 

7. MAKE YOURSELF COMFORTABLE

Supaya kuat menghadapi seabreg materi pelajaran, buat diri kamu senyaman mungkin saat belajar. Cari ruangan dimana kamu bisa konsentrasi dengan tenang tanpa gangguan. Perhatikan penerangan di ruangan itu. Kurangnya penerangan bisa bikin mata kita cepat lelah. Bisa dengan menambah aroma therapy yang menyegarkan. Boleh juga sediain cemilan rendah kalori untuk teman belajar.

 

8. HAVE ENOUGH SLEEP

Kadang kita pikir belajar akan lebih efektif kalo kita tidur dulu sekitar 1-2 jam. FYI, itu salah banget. Lebih baik belajar saat badan masih segar kayak sebelum makan malam dan beberapa jam sesudahnya. Jadi nggak usah memaksakan diri belajar sampe larut malam. Makin lama kita bertahan untuk melek, makin lamban pikiran kita. Kita jadi susah konsentrasi dan belajar pun jadi nggak efektif.

 

9. INTENTION & CONCENTRATION

Nggak ada gunanya duduk di meja belajar dengan buku-buku bertaburan tapi kitanya sendiri nggak punya niat belajar. Materi pelajaran jadi susah masuk karena pikiran ke mana-mana. Jauhin dulu hal-hal yang bisa bikin konsentrasimu terpecah kayak console games, handphone dan TV. Pikirin motivasi awal kita belajar supaya makin semangat. Iming-iming liburan ke luar negeri dari Papa kalo dapet nilai bagus, mungkin?

 

MYTHS AND FACTS ABOUT LEARNING

 

EFFECTIVE-LEARNING

 

Myth Semakin sering mengulang hapalan materi, semakin baik.
Fact It’s a waste of time. Ini menghambat pembentukan ingatan jangka panjang. Ingat sih iya, tapi pasti nggak bisa lama-lama. Belajar seharusnya tidak dilakukan cepat dan berulang-ulang. Langkah yang paling baik adalah dengan me-review kembali materi secara rutin dengan takaran waktu yang pas.

Myth Mengonsumsi obat-obatan pembantu daya ingat bisa meningkatkan semangat dan konsentrasi belajar.
Fact There’s no such magic pill! Yang ada, pil itu cuma menambah stamina badan seperti vitamin supaya otak bisa berpikir dengan jernih. Kalo badan sehat, pikiran pasti sehat. Belajar juga jadi lebih efektif.

Myth Belajar paling baik adalah sebelum tidur atau malam hari.
Fact Ini salah besar. Waktu yang sangat tepat dan sehat untuk belajar adalah di pagi hari. Karena otak masih fresh dan mampu menerima materi dengan baik. Di pagi hari, otak menunjukkan alertness yang tinggi.

Myth Tidur siang bikin tambah pintar karena menyegarkan kembali otak dan kebugaran tubuh sehingga mampu belajar maksimal.
Fact Hal ini terbukti benar! menurut hasil studi Matthew Walker PhD, assisten professor psikologi di Universitas California, Barkeley, US, tidur siang dapat meningkatkan performa otak dalam menangkap pelajaran-pelajaran selanjutnya. Satu-dua jam saja udah cukup.

Myth Semakin ‘serius’, pasti semakin pintar.
Fact Justru belajar jangan terlalu serius-serius banget. Belajar yang baik adalah belajar dengan mood dan lingkungan yang santai dan kamu nggak berada dalam tekanan.

Myth Belajar berjam-jam dijamin baik bagi peningkatan memori di otak.
Fact It’s a big NO! Don’t you think it’s more lik obsessed than studying? Asal rutin dan dilakukan dengan metode yang benar, waktu 1-2 jam setiap hari sebenarnya udah cukup. Kasian kan otak kamu kalo dipaksa bekerja untuk urusan akademik terus.

 

Sumber : gogirlmagz.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.