Baper - Bacaan Perempuan

Tips Menyimpan Daging Selama Setahun

Idul Adha sebentar lagi, biasanya ketersediaan daging melimpah. Hmm, mau dimasak langsung juga bisa. Tapi bagaimana jika mom ingin menyimpan dalam waktu lama? Takut busuk dan daging tidak dapat dikonsumsi adalah hal wajar. Jika diolah langsung juga sayang, bisa bosan makan daging ya mom?

Namun, mom tidak perlu khawatir. Menurut Halal Centre Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, daging korban dapat disimpan selama satu tahun di dalam freezer. Tentu saja penyimpanannya harus memenuhi standar kesehatan. Simak yuk, tipsnya di bawah ini.

Jangan Mencuci Daging

Sebelum menyimpan daging sebaiknya hindari untuk mencuci daging dengan air. Hal ini dapat menyebabkan kuman dapat masuk dan tertinggal di pori-pori daging. Kuman ini dapat merusak kualitas daging. Sebaiknya cuci daging ketika akan memasaknya.

Potong Daging Menjadi Ukuran Kecil

Jika mom ingin menyimpan daging dalam jumlah yang banyak sebaiknya hindari menyimpannya dalam ukuran besar. Potong daging menjadi ukuran kecil, simpan dalam kantong plastik. Simpan dalam beberapa kantong, ambil jika akan memasak. Hal ini membantu agar daging yang tidak terpakai tetap tersimpan dalam freezer. Sst, daging dalam keadaan beku dapat disimpan selama 1 tahun.

Tips menyimpan daging agar awet / copyright facebook.com/UGMYogyakart

Simpan Dalam Suhu Ruang Kulkas

Sebelum menyimpan daging dalam freezer, sebaiknya simpan daging dalam kulkas selama 4-5 jam. Setelah dingin baru simpan dalam freezer. Hal ini dapat membantu kualitas daging agar tetap terjaga.

Hindari Mencairkan Daging Beku dengan Air Panas

Jika mom berniat memasak daging yang sudah dibekukan, hindari mencairkannya dengan air panas. Cara yang tepat untuk mencairkan daging yang beku adalah dengan meletakkannya di bawah air mengalir dengan suhu normal, dalam keadaan daging masih terbungkus dengan plastik. Setelah daging mulai empuk, cuci hingga bersih dan tiriskan. Daging pun siap dimasak.

Mom, demikian tips menyimpan daging agar awet dan tahan lama. Punya tips lainnya? Share yuk di kolom komentar.

 

Sumber : vemale.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.