Baper - Bacaan Perempuan

Tradisi Berdarah Pemujaan Dewa Besi di Nigeria

Di Nigeria terdapat ritual melumurkan darah pada benda-benda yang mengandung logam. Pemujaan ini dilakukan untuk memperoleh keberuntungan dari Dewa Besi Ogun.

Beragam ritual dan kepercayaan banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Di Nigeria terdapat suatu ritual untuk memperoleh keberuntungan dengan menghormati Dewa Besi Ogun.

Ritual ini dipimpin oleh seorang pria. Ritual yang dilaksanakan setiap tahun mengorbankan seekor anjing jantan. Mereka berharap semoga di tahun depan mendapat keuntungan yang lebih baik.

Sebelum ritual, masyarakat yang percaya pada aliran ini akan berkumpul di Utako, kawasan perhutanan yang berjarak sekitar 8 Km dari Kota Abuja. Mereka nantinya akan mengumpulkan barang-barang yang mengandung logam sebagai simbolis. Seperti kunci mobil, rantai, obeng, dan barang loggam lainnya.

Darah anjing nantinya dilumurkan kepada benda-benda yang mengandung logam (Afolabi Sotunde/REUTERS)
Darah anjing nantinya dilumurkan kepada benda-benda yang mengandung logam (Afolabi Sotunde/REUTERS)

Ritual dimulai dari mengeluarkan anjing yang dikorbankan dari kandang dan menyeretnya ke lokasi upacara. Sang pemimpin akan memipin upacara dengan berdoa, selanjutnya dua orang akan memegang anjing. Satunya memegang kaki belakang, dan satunya memegang kepala.

Setelah selesai berdoa, Imam nantinya akan memotong leher anjing dengan belati. Darah yang mengalir dari anjing tersebut kemudian disiramkan kepada benda-benda logam yang dijadikan simbolis. Masyarakat percaya, jika mereka melakukan ritual ini, keberuntungan mereka akan meningkat di tahun depan.

Bagi pecinta anjing memang ritual ini terlihat sadis, namun ritual ini ternyata legal di Nigeria.

 

Sumber : detik.com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.