Baper - Bacaan Perempuan

Water Park Baru di Thailand, Pas untuk Liburan Keluarga

HUA HIN, KOMPAS.com – Thailand terkenal memiliki banyak tempat wisata, tak heran bila pemerintahannya mengandalkan pariwisata sebagai salah satu sumber pemasukan negara.

Sehubungan dengan itu, Pemerintah Thailand melalui Tourism Authority of Thailand (TAT) meluncurkan program Family Fun Thailand. Ini merupakan program pariwisata untuk menarik lebih banyak lagi pengunjung, khususnya keluarga.

“Tahun lalu lebih dari dua juta keluarga berlibur ke Thailand. Makanya kami mempromosikan wisata keluarga melalui program Family Fun Thailand,” ujar Deputy Governor for International Marketing (Asia and South Pacific) TAT, Srisuda Wanapinyosak, saat ditemui KompasTravel, Jumat (28/4/2017) di Siam Park City, Bangkok.

BACA: Bluport Hua Hin, Mal Unik Bertema Pantai di Thailand

Salah satu tujuan wisata yang patut dikunjungi yaitu Vana Nava di Hua Hin, Thailand. Tempat ini adalah taman rekreasi air (water park) yang memiliki beraneka ragam wahana air dan fasilitas pendukung yang bisa dinikmati semua anggota keluarga.

Pada akhir April 2017, Kompas Travel bersama rombongan dari TAT berkesempatan mengunjungi Vana Nava Hua Hin serta menikmati sejumlah wahana dan fasilitas yang tersedia.

Wahana yang bisa dinikmati di sini terbagi menjadi beberapa area. Area pertama yaitu Water Jungle Zone. Wahana air yang tersedia yaitu: 

  • Abyss, yaitu water slide berbentuk corong raksasa yang diakui terbesar di Thailand. Wahana ini bisa dinaiki menggunakan ban seluncur yang berkapasitas sampai 6 orang. Ban itu bisa meluncur hingga ketinggian 28 meter.
  • Boomerango. Dengan panjang 179 meter, water slide ini jadi yang terpanjang di Thailand. Pengunjung diluncurkan dengan kecepatan sampai 45 km per jam dan berujung di kolam renang.
  • Rain Fortress. Tersedia 7 papan seluncur yang berujung di kolam renang untuk anak-anak. Di bagian atas ada ember raksasa yang airnya akan terisi penuh setiap 5 menit dan akan ditumpahkan ke papan seluncur dan kolam renang di sekelilingnya.
  • Aqua Course. Wahana berupa tali dan rintangan yang menantang, serta digabung dengan perang air. Bisa jadi permainan yang menegangkan buat pengunjung.
  • Kiddie Cove. Ada 7 air terjun berukuran kecil dan di bawahnya ada papan seluncur untuk anak-anak, di mana mereka bisa terkena guyuran air terjun tersebut.
  • Coconut Beach. Dengan luas 1.600 meter persegi, kolam renang berombak ini memiliki pinggiran berupa pasir yang mirip di pantai. Pengunjung bisa bersantai di pinggirnya sambil menikmati pertunjukan musik di Wave Stage.
  • Vana Nava Falls. Air terjun buatan yang tertinggi di Asia, yaitu 31 meter.
  • Lazy River. Memiliki panjang 345 meter, kolam renang ini berbentuk memanjang dengan mengelilingi semacam pulau buatan yang ada hutan dan goa, serta melewati bawah jembatan. Pengunjung bisa berenang santai di atas ban yang tersedia.
  • Vanadio. Studio foto bawah air yang pertama di Thailand. Disponsori oleh suatu merek kamera, wahana ini menyediakan fasilitas foto bawah air dengan teknologi canggih.
KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Salah satu wahana air yang ada di Vana Nava Hua Hin, Thailand, yaitu Rain Fortress. Di sini tersedia 7 papan seluncur dan di bagian atas ada ember raksasa yang akan terisi penuh air setiap 5 menit, lalu akan ditumpahkan ke papan seluncur dan kolam renang di sekelilingnya.

Area kedua yaitu Slide Jungle Zone, terdapat sejumlah wahana sebagai berikut:

  • Freefall. Di water slide yang berbentuk lurus ini, pengunjung meluncur dari ketinggian 18 meter dengan kecepatan hingga 50 km per jam.
  • Aqualoop. Water slide vertikal berbentuk simpul ini membuat pengunjung bisa meluncur dengan kecepatan sampai 60 km per jam.
  • Inner-Tube. Tabung seluncur ini berkapasitas satu atau dua orang dengan putaran yang menegangkan hingga akhirnya pengunjung dijatuhkan ke kolam renang.
  • Rattler. Rangkaian silinder seluncur mulai dari ketinggian 13 meter.
  • Superbowl. Pengunjung diluncurkan ke mangkuk raksasa, berhenti di putaran air sejenak, lalu diluncurkan lagi ke kolam renang melewati tabung seluncur.
  • Master Blaster. Rasakan pengalaman meluncur dan mengalami momen gravitasi, dengan kecepatan hingga 45 km per jam.
  • Infinity Pool. Pengunjung bisa menikmati sinar matahari sambil menyesap minuman lokal dan melihat indahnya suasana air terjun Vana Nava.

Area ketiga yaitu Adventure Zone, di area ini tersedia:

· Chang Surf Zone. Anda bisa melakukan simulasi berselancar dengan papan  selancar asli di atas ombak buatan. Ada tim pelatih profesional yang siap mendampingi.

· Ropes Course. Pengunjung bisa memanjat tali setinggi 13,4 meter dengan rintangan yang                      menantang. Bisa untuk semua umur dan cocok untuk melatih kerja sama tim. 

 ·  Climbing Wall. Kegiatan luar ruang dengan memanjat dinding setinggi 13 meter ini menjadi aktivitas menggembirakan, termasuk bagi anak-anak. 

KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Denah lokasi yang bisa ditemui di pintu masuk Vana Nava Hua Hin, Thailand. Taman rekreasi ini memiliki banyak kolam renang dan berbagai wahana air yang cocok untuk hiburan keluarga.

Adapun fasilitas lainnya yaitu:

  • Cabana and Beach Hut, yaitu semacam pondok untuk beristirahat. Terbagi menjadi 2 tergantung kapasitasnya, yaitu 2-4 orang dan 6-8 orang, dengan harga yang berbeda.
  • Loker dan kamar mandi. Tersedia loker, handuk, dan kamar mandi yang bersih.
  • Layanan foto. Anda bisa mendapatkan foto saat menjajal setiap wahana di Vana Nava. Foto itu bisa diambil di konter pintu keluar dengan tarif berbeda, tergantung mau dikirim ke e-mail atau dipindahkan ke USB.
  • Paviliun untuk pijat. Di sini pengunjung bisa melakukan relaksasi setelah lelah beraktivitas air di Van Nava dan merasakan pijatan khas Thailand.
  • Ruang pertemuan di lantai 2 di atas restoran The Grove. Tersedia televisi layar lebar, perangkat musik, dan proyektor. Ruangan ini memiliki teras yang luas dan pemandangan langsung ke water park. Ada 5 ruangan dengan ukuran yang berbeda sesuai kapasitas orang di dalamnya. ?

Untuk jam operasional, Water Jungle Zone buka setiap hari, dari Senin sampai Minggu, pada pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat. 

Sementara di Adventure Zone, pengunjung bisa menikmatinya pada hari yang sama, tetapi lebih lama, yaitu dari pukul 10.00 sampai 21.00 waktu setempat. 

Dari pengalaman Kompas Travel di sana, water park ini cukup menjaga privasi dan keamanan pengunjung. Setiap pengunjung mendapat gelang berteknologi canggih yang berguna menjadi semacam identitas.

“Gelang itu bisa digunakan untuk membuka loker penyimpanan barang dan bisa ditempelkan di alat pemindai di pintu masuk setiap wahana yang akan dicoba,” ujar seorang pemandu di Vana Nava Hua Hin, Thailand, Rabu (26/4/2017). 

BACA: Rice Crisps, Camilan khas Thailand dari Beras yang Tidak Biasa

Nantinya pengunjung bisa melihat dan mendapatkan fotonya di konter pintu keluar setelah selesai menikmati semua fasilitas di Vana Nava Hua Hin.

Selain itu, di pintu masuk setiap wahana air tertera syarat bagi orang yang mau menggunakannya, yaitu tinggi badan minimal, berat badan maksimal, umur minimal, serta kapasitas ban seluncur, apakah untuk sendiri atau beberapa orang. 

Hal itu untuk memastikan bahwa pengunjung yang mau menggunakan wahana tersebut sesuai dengan syarat yang ditentukan demi keamanan dan keselamatan.

Sumber: travel.kompas..com

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.